Jika Pemula Tiga Jam, Lantas Apa Makna Dua Belas Jam?

0
289
views

[Jika Pemula Tiga Jam, Lantas Apa Makna Dua Belas Jam?]
.
“Dibaca terus saja, satu jam nanti juga dapat sendiri” –Kawan
“Usahakan dalam tiga jam dapat setoran hafalan satu halaman baru” –Buku Panduan, untuk pemula
.
Normalnya, seseorang akan mampu menghafal satu halaman baru dalam waktu tiga jam pada saat pertama memulai menghafal. Selanjutnya akan semakin cepat hingga rata-rata mencapai tiga puluh menit per halaman. Sebagian yang lain bisa lebih cepat dari itu. Tapi itu tentang normalnya manusia, bukan tentangnya.
.
Halaman itu terus menerus ia baca. Setiap kali mencoba melafalkan ayat-ayat tersebut tanpa membacanya, selalu saja ada ayat yang lupa. Entah lupa urutannya, lupa kata-katanya, atau lupa harokatnya.
.
Sekitar jam satu siang, setelah ia sempat memilih istirahat dua jam, ia kembali membuka halaman itu. Anehnya, baris pertama seolah seperti hafalan baru lagi. Seolah tiga jam yang tadi tidak menyisakan jejak. Ia panik. Waktunya hanya dua jam apabila Ia ingin menyetorkan halaman itu sebelum Ashar.
.
Jangankan Ashar, sampai pukul lima sore pun ternyata ia belum menuntaskannya. Kawan-kawannya sudah tahu apabila sejak pukul sembilan pagi tadi ia belum menyetorkan satu halaman pun. Alhasil, sembari beristirahat di kasur, kawan-kawannya membantunya mengingat kembali hafalannya. Sesekali tertawa kecil, beban rasa bersalah itu mulai terangkat dari dadanya.
.
Halaqoh malam itu dimulai sekitar pukul delapan. Tanpa pikir panjang, ia memilih duduk di shof imam, menghadap tembok, berkonstrasi penuh tanpa peduli sekitar. Ayat demi ayat Ia ulangi untuk dihafal. Diulang dari atas, perlahan. Hingga pada akhirnya, Ia berhasil menuntaskan hafalannya pada pukul sembilan malam. Tak lancar memang, tetapi setidaknya sedikit salahnya. Banyak saktah dan koma, tetapi setidaknya ia berhasil menghafal satu halaman tersebut. Dua belas jam.
.
“Allahu Akbar!!! Allahu Akbar!!! Allahu Akbar!!!” sorak kawan-kawannya. Kini ia kian paham, menghafal Al-Qur’an bukanlah hal yang remeh dan mudah, tetapi butuh perjuangan.
.
Diadopsi dari kisah nyata salah satu kawan dari kawan penulis.
-El Foliage, Majeedr
.
#majeedr #Quran #kisah #nyata
.
♻ Silakan disebarluaskan
═══ ¤❁✿❁¤ ═══
Follow us !
Facebook : Majeelis Dakwah Remaja
LINE : http://line.me/ti/p/%40majeedr (@majeedr)
Instagram : https://instagram.com/majeedr1 (@majeedr1)
Telegram : t.me/majeedrofficial (@majeedrofficial)
Website: www.majeedr.com
Majeedr tv: bit.ly/majeedr

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here