BERHIJRAH KARENA MENCINTAINYA

0
296
views

[Berhijrah karena Mencintainya]

Jika banyak orang berhijrah karena mengejar cinta doi yang lebih dulu sholeh atau sholehah, maka kisah ini sedikit berbeda. Ini adalah kisah seorang pemuda yang berhijrah, sambil berharap doi juga berhijrah.

Karena based on true story, dari orang yang sedikit saya kenali, kisahnya mungkin tak seindah roman picisan.
_
Kisahnya bermula dari masa kebodohan agama yang menimpanya. Ia sama dengan sebagian aktivis rohis yang terserang penyakit cinta, memiliki hubungan tanpa status (di sini saya sedikit sarkas maksudnya, sembari mengajak para aktivis rohis untuk tidak “berhubungan tanpa status”, wkwk). Hal ini karena background agamis yang dimilikinya membuat dirinya tidak berani berpacaran, meskipun dia tetap saja seperti orang pacaran, melempar kata sayang dan mengajak jalan-jalan.
_
Suatu saat, hidayah menyapanya. Di tengah kegundahan hati dan semangatnya untuk berhijrah, ia bertemu dengan Surat An-Nuur, ayat 26.

الْخَبِيثَاتُ لِلْخَبِيثِينَ وَالْخَبِيثُونَ لِلْخَبِيثَاتِ ۖ وَالطَّيِّبَاتُ لِلطَّيِّبِينَ وَالطَّيِّبُونَ لِلطَّيِّبَاتِ ۚ أُولَٰئِكَ مُبَرَّءُونَ مِمَّا يَقُولُونَ ۖ لَهُمْ مَغْفِرَةٌ وَرِزْقٌ كَرِيمٌ

Perempuan-perempuan yang keji untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji untuk perempuan-perempuan yang keji (pula), sedangkan perempuan-perempuan yang baik untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik untuk perempuan-perempuan yang baik (pula). Mereka itu bersih dari apa yang dituduhkan orang. Mereka memperoleh ampunan dan rezeki yang mulia (surga).

-Sura An-Nur, Ayah 26

Yap, surat tersebut merubah cara pandangnya melihat kehidupan.
_
Kaidah umumnya, sebagaimana ayat di atas. Adapun pada kasus khusus, bisa saja seorang muslim/muslimah yang baik diuji dengan pasangan yang buruk. Sedikit tambahan ilmu berkenaan tentang kisah para nabi, semua istri nabi adalah istri-istri yang menjaga kerhomatannya, termasuk istri Nabi Nuh dan Nabi Luth yang sungguh tidak berzina.
_
Maka ia putuskan untuk berhijrah, mengakhiri kebiasannya untuk melempar kata sayang. Berhubung memang tidak dinamai pacaran, tidak ada kata putus yang terucap dari bibirnya. Yang ada, hanya ia menjaga jarak.

Adapun dalam hatinya, ia masih mencintai kawannya tersebut. Pun demikian, kata temannya yang lain, dakwah kepada lawan jenis itu lebih baik dihindari, apalagi ketika disisipi rasa cinta.

Sederhana saja pola pikirnya. Apabila kawan yang ia cintai itu adalah yang terbaik baginya, maka pasti akan Allah pertemukan nantinya. Ia yakin, yang terbaik adalah dirinya hijrah, menuntut ilmu agama, memperbaiki diri, dan menyerahkan bab jodoh pada Allah. Yaa, meskipun ia masih berharap, agar orang yang sudah terlanjur ia cintai itu juga berhijrah.

Ia ingin mengejar ridhoNya. Pun demikian, ia tetap mencintai kawannya tersebut. Ia pun merasa, cara terbaik mencintainya adalah dengan tidak menambah kemaksiatan dengannya. Oleh karena itu, ada sedikit bagian dari kisah hijrahnya, disebabkan karena rasa cintanya kepada kawannya tersebut, meski tetap semuanya atas dasar mengejar ridhoNya.
_
Tindakan berani, yang dilakukan oleh seorang pemuda, yang jatuh cinta.
_
Qodarullah, pada akhirnya, sampai saya tulis cerita ini, dua insan yang sempat saling mencintai tersebut tidak meniti jalan yang sama. Keduanya pun tak lagi menyimpan rasa. Tapi itu tetap patut disyukuri, karena niatan ia berhijrah bukanlah untuk mengejar cinta sang wanita. Ia berhijrah, karena mengharapkan ridhoNya, juga mengharapkan janjiNya untuk memberikan jodoh yang terbaik.
_
Jika kau dalam posisi yang serupa, jatuh cinta dengan seseorang, dan engkau memang mencintainya, berhentilah meniti jalan yang ditawarkan syaithan. Sungguh, orang-orang yang di dunia saling mencintai bukan atas dasar ketakwaan, mereka akan menjadi saling benci di akhirat nanti.

الْأَخِلَّاءُ يَوْمَئِذٍ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ عَدُوٌّ إِلَّا الْمُتَّقِينَ

Teman-teman karib, pada hari itu saling bermusuhan satu sama lain, kecuali mereka yang bertakwa.

-Sura Az-Zukhruf, Ayah 67
_
Jadi, apakah engkau mencintainya?

♻ Silakan disebarluaskan
═══ ¤❁✿❁¤ ═══
Follow us !
Facebook : https://facebook.com/majeelisdakwahremaja
LINE : http://line.me/ti/p/%40majeedr (@majeedr)
Instagram : https://instagram.com/majeedr1 (@majeedr1)
Telegram : t.me/majeedrofficial (@majeedrofficial)
Twitter : https://twitter.com/majeedrofficial
Website : www.majeedr.com
Majeedr TV : bit.ly/majeedr

Akun Kemuslimahan Majeedr (Bashira),
BASHIRA
Facebook: facebook.com/letsstudyislam (Bashira)
[email protected]: http://line.me/ti/p/%40bashira (@bashira)
Instagram: https://instagram.com/bashiraofficial (@bashiraofficial)
Telegram: t.me/bashiraofficial (@bashiraofficial)

Kunjungi juga Majeedr Store
instagram https://instagram.com/majeedrstore (@majeedrstore)
store.majeedr.com

Mau membantu dakwah dari rumah? yuk berdonasi buat program-program majeedr
Cek http://majeedr.com/info-donasi

Donasi Kamera :
http://majeedr.com/donasi-kamera

Donasi Jilbab :
http://majeedr.com/donasi-jilbab Silakan disebarluaskan

Caption by MY
Poster by &R

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here