Kaum Yang di Doakan oleh Para Malaikat

0
161
views
Malaikat Adalah Mahluk Allah Yang paling Mulia, Dengan izin Allah Ta’ala Mereka tidak pernah kufur dan Maksiat Kepada Allah Ta’ala . Oleh karena itu , siapalah yang tidak mau di do’akan Oleh Mahluk Allah yang satu ini ..

Lalu siapa saja kaum/golongan yang dido’akan para malaikat itu?

1. Orang Beriman, Bertaubat, Dan Mengikuti Jalan Allah dan RasulNya

Dalilnya? *Qur’an Surah Ghafir:7*

Golongan Ini akan di do’akan Oleh Para Malaikat Pemikul ‘Arsy. Sementara Kita Tahu bahwa malaikat pemikul ‘arsy adalah Mahluk terbesar yang pernah Allah Ciptakan ..
Bahkan disebutkan dalam sebuah hadits bahwa jarak daging telinganya dengan pundaknya saja sejauh 700 tahun (MasyaaAllah) , dalam Kecepatan Apa? Wallahu a’lam

2. Orang Yang Istiqamah sampai Akhir Hayatnya

Dalilnya? *Qur’an Surah Fushilat : 30*

Allah Ta’ala Berfirman Yang Artinya,
“Sesungguhnya Orang-Orang Yang Mengatakan “Tuhan Kamu Ialah Allah” kemudian mereka meneguhkan pendirian Mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan : “Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih, dan gembirakanlah mereka dengan jannah yang telah dijanjikan Allah kepadamu”. (Qs.Fushilat : 30)

Katab ‘Ulama Tafsir bahwa dalam ayat itu Allah Akan Turunkan Malaikat Ketika dia sedang sakaratul Maut

3. Orang Yang duduk di masjid Menunggu Shalat

Dalilnya ?
*Imam Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

أَحَدُكُمْ مَا قَعَدَ يَنْتَظِرُ الصَّلاَةَ فِيْ صَلاَةٍ مَا لَمْ يُحْدِثْ تَدْعُوْ لَهُ الْمَلاَئِكَةُ :اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ اَللَّهُمَّ ارْحَمْهُ.”

“Tidaklah seseorang di antara kalian duduk menunggu shalat, selama ia berada dalam keadaan suci, melainkan para Malaikat akan mendo’akannya: ‘Ya Allah, ampunilah ia. Ya Allah, sayangilah ia.’” [ Shahiih Muslim, kitab al-Masaajid wa Mawaadhi’ush Shalaah bab Fadhlu Shalaatil Jamaa’ah wa Intizhaarish Shalaah (I/460 no. 469 (276))]*

Imam Ibnu Khuzaimah juga meriwayatkan hadits ini dalam kitab Shahiihnya dan memberinya judul: “Bab Keutamaan Duduk di Masjid dalam Rangka Menunggu Shalat, Shalawat Malaikat dan Do’a Malaikat kepadanya, Selama Ia Tidak Mengganggu Orang Lain dan Selama Wudhu’nya Tidak Batal.”
[ Shahiih Ibni Khuzaimah, kitab al-Imaamah fish Shalaah (II/ 376) ]

4. Orang yang berilmu tentang Al-Qur’an dan Al-Hadits

Dalilnya?

Dari Abu Umamah al-Baahili radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

« إِنَّ اللَّهَ وَمَلاَئِكَتَهُ وَأَهْلَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضِ، حَتَّى النَّمْلَةَ فِى جُحْرِهَا وَحَتَّى الْحُوتَ، لَيُصَلُّونَ عَلَى مُعَلِّمِ النَّاسِ الْخَيْرَ »

“Sesungguhnya Allah dan para Malaikat, serta semua makhluk di langit dan di bumi, sampai semut dalam lubangnya dan ikan (di lautan), benar-benar bershalawat/mendoakan kebaikan bagi orang yang mengajarkan kebaikan (ilmu agama) kepada manusia”[HR.Turmudzi]

Kata Imam Syafi’i ” *ilmu itu adalah yang disebutkan padanya haddatsana dan selain itu hanyalah dari was-was syaithan* ”

Jadi Yang dimaksud ilmu disini Adalah Ilmu Al-Qur’an dan Hadits (‘Ilmu Syari’at)

5. Orang Yang mendo’akan Temannya dari kejauhan

Dalilnya?
diriwayatkan oleh al-Imam Muslim dari Shafwan, ia adalah Ibnu ‘Abdillah bin Shafwan, dan umur ad-Darda’ di bawahnya, beliau berkata: “Aku pergi ke Syam dan mendatangi Abud Darda’ Radhiyallahu anhu di rumahnya, tetapi beliau tidak ada di rumah, yang ada hanyalah Ummud Darda’ رَحِمَهَا اللهُ تَعَالَى, ia berkata: ‘Apakah tahun ini engkau akan pergi haji?’ ‘Ya,’ jawabku. Dia berkata: ‘Do’akan kami dengan kebaikan, karena Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda:

دَعْوَةُ الْمَرْءِ الْمُسْلِمِ لأَخِيْهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ مُسْتَجَابَةٌ عِنْدَ رَأْسِهِ مَلَكٌ مُوَكَّلٌ. كُلَّمَا دَعَا ِلأَخِيْهِ بِخَيْرٍ، قَالَ الْمَلَكُ الْمُوَكَّلُ بِهِ: آمِيْنَ. وَلَكَ بِمِثْلٍ.

‘Do’a seorang muslim untuk saudaranya yang dilakukan tanpa sepengetahuan orang yang dido’akannya adalah do’a yang akan dikabulkan. Pada kepalanya ada Malaikat yang menjadi wakil baginya. Setiap kali dia berdo’a untuk saudaranya dengan sebuah kebaikan, maka Malaikat tersebut berkata: ‘Aamiin dan engkau pun mendapatkan apa yang ia dapatkan.’”

‘Abdullah berkata: “Lalu aku pergi ke pasar dan bertemu dengan Abud Darda’ Radhiyallahu anhu, lalu beliau mengucapkan kata-kata seperti itu yang diriwayatkan dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam.”
[HR.Muslim – Shahih]

6. Orang Yang Berinfaq

Dalilnya?
Imam al-Bukhari dan Imam Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, beliau berkata: “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيْهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُوْلُ أَحَدُهُمَا: اَللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا. وَيَقُوْلُ اْلآخَرُ: اَللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا.

‘Tidak satu hari pun di mana pada pagi harinya seorang hamba ada padanya melainkan dua Malaikat turun kepadanya, salah satu di antara keduanya berkata: ‘Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfak.’ Dan yang lainnya berkata: ‘Ya Allah, hancurkanlah (harta) orang yang kikir.’” [HR.Mutafaqun ‘Alaihi]

(Semoga Bermanfaat dan Alangkah Baiknya jika semua ini bisa kita Amalkan )

Resume Kajian
Kaum Yang di Do’akan oleh Para Malaikat
Bersama Al-Ustadzuna Yahya Badrusalam,Lc Hafizhahullahu Ta’ala

Rabu, 6 September 2017
Masjid Al Ukhuwah, Bandung

Disusun Oleh HFM

♻ Silakan disebarluaskan
═══ ¤❁✿❁¤ ═══
Follow us !
Facebook : https://facebook.com/majeelisdakwahremaja
LINE : http://line.me/ti/p/%40majeedr (@majeedr)
Instagram : https://instagram.com/majeedr1 (@majeedr1)
Telegram : t.me/majeedrofficial (@majeedrofficial)
Twitter : https://twitter.com/majeedrofficial
Website : https://majeedr.com
Majeedr TV : https://www.youtube.com/majeedrtv

Akun Kemuslimahan Majeedr (Bashira),
BASHIRA
Facebook: facebook.com/letsstudyislam (Bashira)
[email protected]http://line.me/ti/p/%40bashira (@bashira)
Instagram: https://instagram.com/bashiraofficial (@bashiraofficial)
Telegram: t.me/bashiraofficial (@bashiraofficial)

Kunjungi juga Majeedr Store
instagram : https://instagram.com/majeedrstore (@majeedrstore)
web : store.majeedr.com

Mau membantu dakwah dari rumah? yuk berdonasi buat program-program majeedr
Cek https://majeedr.com/info-donasi

Donasi Kamera :
https://majeedr.com/donasi-kamera

Donasi Jilbab :
https://majeedr.com/donasi-jilbab

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here